Senin, 24 Agustus 2020

Mata-Mata Kamera

Kecenderungan untuk berbagi atas segala aktivitas dunia nyata ke dunia maya sering kali dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya kaum remaja, emak-emak juga suka. Meski tidak semua bisa kita pukul rata.

Sebenarnya apa manfaat kita mengupdate status bila hanya untuk mengajak mata-mata kamera itu datang mengintai setiap gerak-gerik kita dan sekaligus mengabarkannya ke semua orang? Namun, mengapa pula kita yang merasa risih seakan semua orang mengomentari hidup kita? 

Oke, bila postingan kita bermanfaat. Setidaknya tidak menyita waktu seseorang yang melihat postingan tersebut. Nan amat disayangkan bila tujuan memposting itu hanyalah untuk mencari perhatian atau malah sensasi belaka.

Kita ketahui bahwa di era digital, yang mana smartphone mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat menjadi benda yang pantang tertinggal saat kita bepergian ke manapun. Dapat dikatakan sahabat setia nan menemani perjalanan hidup. Biarpun sahabat, kita juga harus paham dengan karakternya. 

Jangan biarkan mata-mata kamera menyorot hal-hal tak penting yang menggelayuti perjalanan kita. Lebih jauh, marilah kita introspeksi diri. Seberapa bijak kita dalam memanjakan mata-mata kamera.


Simpang Jati, 24 Agustus 2020

Pukul 07.14 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar